Jumat, 18 Februari 2011

Kerajinan dari kulit telur



kulit telur yang sudah dibuang dan tidak di manfaatkan,rupanya masih berguna bagi dodi setiyawan,salah satu perajin lukisan dan kaligrafi di jalan Hasyim Asyari no 3 bangkalan.perajin yang sejak tahun 2005 mengeluti hobinya itu memanfaatkan kulit telursebagai bahan.bagaimana dodi mengerjakannya?
MOH AMIRUDDIN
Bangkalan
siapa bilang kulit telur hanya jadi sampah tidak bermanfaat.barangkali sebagian besar orang pasti akan mengatakan bahwa kulit telurhayalah sampah dan tidak bisa di gunakan untuk hal yang bermanfaat.anggapan itu di bantah oleh dodi setiyawan dengan membuktikan kreativitasnya memanfaatkan kulit telur sebagai bahan untuk lukisan kaligrafinya.
bermodal hanya iseng saja,di tahun 2005 dia mencoba menggunakan kulit telur sebagai pelengkap kerajinan pot bunga yang digelutinya juga. namun sejenak ia berfikir bahwa akan lebih baik dan indah jika kulit telur tersebut dijadikan sebagai bahanuntuk lukisan dinding,seperti kaligrafi maupun foto.
Dia menceritakan,untuk proses pembuatannya,kulit telur yang didapat dari penjual nasi goreng,warung nasi,dan penjual jamu,yang terlebih dahulu dibersihkan.setelah itu,ditempelkan pada gambar atau kaligrafi yang sudah dibuat dengan menggunakan tambahan bahan triplek untuk membuat gambar menjadi timbul,bukan hanya triplek saja dia juga pernah memakai bubur kertas,mika ataupun kaca,jelasnya
tidak selessai sampai disitu,sebab perlu ketelatenan agar kulit telur tersebut tidak retak dan merata yaitu dengan cara diampelas
.baru setelah merata dan kelihatan bagus di beri cat sebagai pewarna.
menurutnya,pembuatan sebuah kerajinan dari kulit telur bisa memakan waktu hingga satu bulan lamanya,sebab, cukup sulit membuatr kulit telur bisa merata dan tidak retak setelah di lem,"tapi tergantung besar dan kesulitan gambar yang kitatempeli kulit telur MAS,"tuturnya.
awalnya,dia tidak menyangka akan memiliki banyak peminat,sebab kerajinan tersebut dimulai karena iseng dan berniat sebagai koleksi pribadinya saja.
sumber : http://kerajinantelur.blogspot.com/2010/09/kulit-telur-yang-sudah-dibuang-dan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar